Stroberi, Si Cantik Kaya Nutrisi


SEMUA orang pasti tahu dengan buah satu ini. Ukurannya mungil dengan bentuk yang cantik, berwarna merah mencolok membuat siapa saja akan tergoda untuk menyantapnya.

Cita rasanya asam segar, cocok dijadikan bahan jus, selai, topping kue atau dimakan untuk camilan. Stoberi merupakan buah yang kaya akan air dan energi yang rendah (hanya 35 kkal dalam 100 g), sedangkan konten seratnya sangat tinggi untuk sebuah stroberi yang kecil dan cantik ini. Kandungan nutrisinya sangat baik untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, di antaranya :

Mencegah kanker
Kandungan vitamin A, C, E dan Asam Ellagic yang berfungsi melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Dan juga dapat mencegah terjadinya Leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah strawbery dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah.
Selain itu stroberi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan dalam stroberi ini pun tetap tinggi meskipun telah diolah menjadi bentuk lain, seperti selai atau jus. Selain itu, senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam stroberi juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati.
Kesehatan mata
Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan adanya zat antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini bisa dicegah.
Tekanan darah tinggi
Karena kandungan potasium dan zat besi, stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya lebih seimbang kembali.
Menyehatkan jantung
Stroberi mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung antara lain: serat, folat, vitamin C, dan flavonoid yang membantu menurunkan kolesterol. Stroberi juga mengandung citamin B yang memperkuat otot jantung.
Membantu menurunkan kadar kolesterol
Stroberi mampu menurunkan kadar kolestrol, serta mengandung zat anti alergi dan anti radang. Satu gelas jus stroberi mengandung sekitar 270 mg potassium (salah satu mineral yang membantu menurunkan tekanan darah). Satu gelas stroberi juga mengandung sekitar 4 gr serat, yang dapat membantu menurunkan kadar lemak kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernaan.
Memutihkan gigi
Stroberi juga berguna untuk memutihkan gigi. Daripada menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, lebih baik Anda mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.
Anti aging
Buah lambang cinta ini ternyata juga memiliki konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga stroberi merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Karena kandungan vitamin BI, B2, C dan Provitamin A pada stroberi dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih serta dapat mencegah teriadinya pengeriputan pada kulit.
Dapat menghentikan diare
Meminum 3-4 gelas air rebusan dari daun stroberi  bisa menghentikan diare. Hal ini desebabkan karena di dalam daun stroberi ada zat astringent yang berkhasiat untuk menghentikan diare.
Mengatasi panas dalam
Ternyata dengan menikmati jus stroberi dapat melenyapkan panas dalam. Nah, berikut resep jus stroberi yang dapat Anda coba di rumah. Untuk bahannya Anda perlu menyiapkan lima buah stroberi segar, cuci bersih kemudian potong-potong, 100 cc susu kacang kedelai, gula pasir secukupnya, delapan potong es batu. Kemudian campur seluruh bahan, lalu blender halus, hidangkan langsung dalam keadaan dingin.
Tahukah Anda, selain rasanya yang enak dan dapat mengatasi panas dalam, bila Anda rutin mengonsumsi jus stroberi ini ternyata resep ini memiliki khasiat lain seperti dapat menyegarkan tubuh Anda, meningkatan kreativitas, memenuhi kebutuhan Vit 0 dalam tubuh.
Agar buah stroberi dapat bermanfaat dengan maksimal sebaiknya Anda maka langsung setelah dipetik agar kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak berkurang.

Sumber : suaramerdeka.com